Pengertian ICD - International Classification of Diseases

International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems, yang biasanya disebut dengan nama pendek International Classification of Diseases (ICD), adalah alat diagnostik standar untuk epidemiologi, manajemen kesehatan dan tujuan klinis. ICD dikelola oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO (World Health Organization), yang bertugas mengarahkan dan mengkoordinasikan kewenangan untuk kesehatan dalam sistem organisasi Persatuan Bangsa-bangsa (PBB). ICD ini dirancang sebagai sistem klasifikasi perawatan kesehatan, menyediakan sistem kode diagnostik untuk mengklasifikasikan penyakit, termasuk klasifikasi berbagai tanda, gejala, temuan abnormal, keluhan, situasi sosial, dan penyebab eksternal cedera atau penyakit. Sistem ini dirancang untuk memetakan kondisi kesehatan yang sesuai kategori umum bersama-sama dengan variasi tertentu, dengan menggunakan kode sampai enam karakter. Dengan kategori utama dirancang untuk menyertakan kesatuan penyakit yang serupa.

The International Classification of Diseases ini diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia WHO (World Health Organization) dan digunakan di seluruh dunia untuk morbiditas dan mortalitas statistik, sistem pembayaran klaim asuransi, dan mendukung pengambilan keputusan yang otomatis dalam perawatan kesehatan. Sistem ini dirancang untuk mempromosikan sistem internasional dalam pengumpulan, pengolahan, klasifikasi, dan penyajian statistik  morbiditas dan mortalitas. ICD adalah inti berbasis sistem statistik diagnostik klasifikasi untuk masalah-masalah yang berhubungan dengan perawatan kesehatan. ICD direvisi secara berkala dan saat ini sedang dalam revisi yang kesepuluh. ICD-11 direncanakan akan diterbitkan pada tahun 2017. 

Penggunaan ICD-10 dimulai pada tahun 1983, dan revisi baru disahkan oleh the Forty-third World Health Assembly pada bulan Mei 1990. Versi terbaru mulai digunakan di negara-negara anggota WHO mulai tahun 1994. Sistem klasifikasi ICD-10 ini memungkinkan lebih dari 155.000 kode yang berbeda dan berbagai diagnosa dan prosedur baru, penambahan yang signifikan pada 17.000 kode yang tersedia di ICD-9. Pengaplikasian ICD-10 ini relatif cepat di sebagian besar dunia. Beberapa bahan materi tentang ICD tersedia secara online oleh WHO untuk memudahkan penggunaannya, termasuk manual, pedoman pelatihan, browser, dan file untuk di download. 

Penggunaan ICD 10 di Indonesia tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Pelayanan Medik (Dirjen Yanmed) Nomor : HK 00 . 05 . 1 . 4 . 00744  mengenai  Penggunaan  Klasifikasi Internasional mengenai penyakit revisi ke sepuluh ( ICD-10 ) di Rumah Sakit tertanggal 19 Pebruari 1996. 

Semoga bermangfangat.

 

Posting Komentar

Pertanyaan atau berdiskusi, silahkan melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci