Kasus Penentuan Diagnosa Utama dan Diagnosa Sekunder

Pasien operasi appendectomy atau operasi apa saja, yang ada diagnosa dan procedure adhesion band harus diinclude ke aplikasi INACBG. Kalau sudah masuk ke verifikator BPJS selalu dikasih tanda tanya, apa itu tidak mesti diinclude ke INACBG?.

Kemudian ada lagi contoh pasien masuk rumah sakit tanggal 04-03-2015 jam 08.05 pagi, dan keluar rumah sakit tanggal 05-03-2015 jam 5 sore dengan diagnosa carcinoma colon sigmoid. Tetapi tidak dilakukan tindakan  operasi, hanya dirujuk ke rumah sakit lain. Apa itu masuk dalam episode rawat inap?. Karena verifikator BPJS itu mengatakan hanya rawat jalan karena tidak mendapatkan penanganan apa. Sementara pasien sudah 1x24 jam dirawat diruangan, sudah mendapat fasilitas bangsal dan makanan dari instalasi gizi rumah sakit. Tapi tidak mendapatkan penanganan. Mohon petunjuknya.

Mau tanya jika pasien masuk dengan nyeri ulu hati, mual setelah dirawat ada nyeri kepala. Diagnosa utama psikosomatis diagnosa lain PPOK dan ISK (Infeksi saluran kemih). Setelah saya konfirmasi ke perawat, menurut dokternya itu pengelolaan utamanya masuk saat ini karena psikosomatisnya. Untuk PPOK sebelumnya sudah ada. Mohon pencerahannya apakah bisa saya kode sesuai penulisan dokter sementara disitu psikosomatis hanya diberikan al-prazo-lam dan mulai diberikan pada hari ke 3 di rumah sakit. Dokter penanggungjawab spesialis penyakit dalam.

Jawaban
Definisi diagnosa utama adalah diagnosa yang menjadi justifikasi treatment dan prosedur yang dilakukan oleh dokter terhadap pasien. Jadi focus of treatment-nya apa?. Dan itu memang harus tergambar dalam manajemen pasiennya.

Sebagai contoh, misalkan ada pasien masuk dengan kesadaran menurun, kita curiga stroke. Tapi di rumah sakit kita belum mampu mendiagnosa stroke. Lalu kita rujuk ke rumah sakit lain. Seyogyanya memang kita memasukkan diagnosa utama sesuai dengan pengelolaan kita. Kita hanya menangani pasien dengan kesadaran menurun. Jadi diagnosa utamanya sebatas symptom karena diagnosa stroke. Belum tegak di rumah sakit kita dan belum dikelola sebagai pasien stroke.

Untuk diagnosa carcinoma, pasiennya selama rawat inap diapakan?. Kalau misalnya hanya tidur tanpa ada pengelolaan apa-apa sebagai pasien rawat inap, mungkin itu yang dipertanyakan oleh verifikator. Dasar penentuan tarif DRG (Diagnostic related group) sebetulnya based on activity dalam pengelolaan pasien. Untuk kasus pertama, saya tidak paham tentang diagnosa dan tindalan adhesion band. Sebetulnya itu kelainannya apa?. Apakah memang sudah tercantum dalam laporan operasinya?. Dan apakah relevan dengan diagnosa utama.

Demikian kaidah diagnosa utama. Ada di ICD volume 2 tentang pedoman pencatatan diagnosa tentang symptom. Prinsipnya kelayakan klaim memang dinilai dari manajemen pasien yaang dilakukan di rumah sakit.

Dalam definisi diagnosa sekunder riwayat penyakit terdahulu yang tidak mempengaruhi diagnosa utama (penyakit yang sedang ditangani pada episode ini) tidak dicatat dan tidak di kode.

Point penting dalam pembahasan diatas adalah :
  • Diagnosa utama adalah diagnosa yang menjadi justifikasi treatment dan prosedur yang dilakukan oleh dokter terhadap pasien.
  • Diagnosa sekunder riwayat penyakit terdahulu yang tidak mempengaruhi diagnosa utama (penyakit yang sedang ditangani pada episode ini) tidak dicatat dan tidak di kode.


Sumber : Grup SIRS, Case-Mix dan INA-CBG's.
F.A.Q khusus Koding
Semua pembahasan koding ICD 10 dan ICD 9 CM

Catatan : 
Diedit dengan penyempurnaan bahasa,
Rangkuman ini hanya untuk mempermudah referensi koding diagnosa.

Mohon koreksi jika ada kesalahan atau ada hal yang kurang berkenan.
Semoga bermangfangat


1 komentar:

Maaf, saya ingin bertanya, untuk dx ca yg masuk krna nyeri dada, apakah dx ca bisa dijadikan dx utama,jika terapi yg diberikan hanya tx konservatif berupa antinyeri tanpa kemoterapi?

Reply

Posting Komentar

Pertanyaan atau berdiskusi, silahkan melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci