Menghitung Jumlah Hari Perawatan untuk Menghitung Indikator Pelayanan Rawat Inap

Menghitung Jumlah Hari Perawatan untuk Menghitung Indikator Pelayanan Rawat Inap Oleh hakayuci.

Hari perawatan kadang disebut hari rawat saja digunakan untuk menghitung BOR (Bed Occupancy Ratio) = Angka penggunaan tempat tidur dan TOI (Turn Over Interval) = Tenggang perputaran tempat tidur. Hari perawatan menunjukkan banyaknya beban merawat pasien dalam suatu periode. Dalam kata lain merupakan jumlah pasien yang dirawat pada suatu periode (hari/bulan/tahun). Hari perawatan menggunakan satuan hari pasien. 

Rumus BOR = (Jumlah hari perawatan rumah sakit / (Jumlah tempat tidur x Jumlah hari dalam satu periode)) X 100%

Rumus TOI = ((Jumlah tempat tidur X Periode) – Hari perawatan) / Jumlah pasien keluar (hidup + mati)

Dalam suatu rumah sakit dalam merawat pasien rawat inap ada proses pasien masuk, sedang dirawat dan pasien keluar atau pulang (hidup / meninggal / dirujuk). Jumlah pasien dirawat setiap harinya harus dihitung, sehingga dari proses tersebut dapat menghasilkan jumlah pasien yang dirawat per hari. Perhitungan ini masuk dalam kegiatan sensus harian rawat inap, baik itu dilakukan secara manual (tulis di form atau buku) ataupun secara sistem komputerisasi. 

Sensus harian rawat inap berisi tentang mutasi keluar masuk pasien selama 24 jam mulai dari pukul 00.00 s/d 24.00. Tujuannya adalah untuk mengetahui memperoleh informasi semua pasien yang masuk dan keluar rumah sakit selama 24 jam (Depkes RI, 1994). 

Data yang diambil untuk menghitung hari perawatan dari sensus harian rawat inap adalah jumlah pasien sisa yang masih dirawat pada saat dilakukan penghitungan sensus harian rawat inap, dan data jumlah pasien yang masuk dan keluar pada hari yang sama. Meskipun saat dilakukan sensus, pasien tersebut sudah tidak ada. Jumlah pasien yang dirawat ini akan menjadi nilai hari perawatan yang digunakan untuk menghitung BOR dan TOI. Hari perawatan ini bisa memberi gambaran mengenai beban kerja dalam merawat pasien.

Contoh menghitung hari perawatan :
Data Rumah sakit A
Data pasien dirawat setelah dihitung jumlah pasien masuk, dirawat dan keluar :
Tanggal 1 total  merawat 5 pasien
Tanggal 2 total  merawat 4 pasien
Tanggal 3 total  merawat 1 pasien
Tanggal 4 total  merawat 5 pasien
Tanggal 5 total  merawat 3 pasien
Tanggal 6 total  merawat 2 pasien
Tanggal 7 total  merawat 5 pasien
-----------------------------------------
Total Hari perawatan dalam periode 7 hari = 25
Periode hari perawatan dapat berupa satuan hari, bulan dan tahun.

Hari perawatan ini berbeda dengan lama dirawat. Untuk menghitung lama dirawat dapat dibaca disini menghitung total lama dirawat untuk perhitungan indikator pelayanan rawat inap.


Posting Komentar

Pertanyaan atau berdiskusi, silahkan melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci