Sensus Harian Rawat Inap

Sensus harian rawat inap adalah kegiatan pencacahan atau penghitungan pasien rawat inap yang dilakukan setiap hari pada suatu ruang rawat inap. Sensus harian berisi tentang mutasi keluar masuk pasien selama 24 jam mulai dari pukul 00.00 s/d 24.00. Tujuannya adalah untuk mengetahui memperoleh informasi semua pasien yang masuk dan keluar rumah sakit selama 24 jam (Depkes RI, 1994).

Pengolahan data rekapitulasi sensus harian rawat inap

Rekapitulasi sensus harian rawat inap adalah formulir perantara untuk menghitung dan merekap pasien rawat inap setiap hari yang diterima dari masing-masing ruang rawat inap. Tujuannya adalah untuk memperoleh informasi semua pasien yang dirawat inap di rumah sakit secara keseluruhan maupun pada masing-masing ruang rawat inap dalam menunjang perencanaan, pengawasan dan evaluasi (Depkes, 1994).

Kegunaan dari rekapitulasi sensus harian rawat inap menurut Depkes (1994) adalah untuk :
  1. Mengetahui jumlah pasien dirawat pada hari yang bersangkutan.
  2. Mengetahui tingkat penggunaan tempat tidur.
  3. Merupakan data dasar mengenai pasien dirawat pada hari yang bersangkutan yang harus segera dikirim kepada Direktur Rumah Sakit, Bidang Perawatan dan unit lain yang membutuhkan.
Dari pengolahan sensus harian rawat inap ini akan didapatkan nilai dari indikator-indikator pelayanan rumah sakit. Indikator ini dapat dipakai untuk mengetahui tingkat pemanfaatan, mutu, dan efisiensi pelayanan rumah sakit.

Baca juga : Rumus Perhitungan Indikator Pelayanan Rawat Inap


2 komentar

kak artikel ini dipublis tahun berapa?

Reply

Sumber asli dr BPPRM depkes 1994.
Ato bs jg liat di petunjuk SIRS 2011 kemenkes.

Reply

Posting Komentar

Pertanyaan atau berdiskusi, silahkan melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci