Tentang Kuliah Jurusan Rekam Medis

Jurusan kuliah rekam medis mungkin jarang terdengar. Jurusan rekam medis tidak seterkenal jurusan kuliah kesehatan lainnya seperti perawat, bidan, apoteker, analis laborat maupun radiografer.

Profesi yang bekerja berkaitan dengan rekam medis atau lulusan kuliah jurusan rekam medis disebut perekam medis. Profesi ini bekerja mengurusi kegiatan yang berhubungan dengan rekaman catatan pelayanan kepada pasien dalam sebuah organisasi pelayanan kesehatan. Seperi contohnya pendaftaran pasien, penyiapan dokumen rekam medis pasien, manajemen dokumen rekam medis, koding diagnosis dan tindakan, pelaporan informasi kesehatan dan masih banyak lagi.

Kompetensi perekam medis dan informasi kesehatan sebagaimana dirumuskan dalam peraturan menteri kesehatan Nomor 377 tahun 2007 tentang Kompetensi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan adalah sebagai berikut :

KLASIFIKASI DAN KODEFIKASI PENYAKIT, MASALAH-MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN KESEHATAN DAN TINDAKAN MEDIS
Perekam medis mampu menetapkan kode penyakit dan tindakan dengan tepat sesuai klasifikasi internasional tentang penyakit dan tindakan medis dalam pelayanan dan manajemen kesehatan.

ASPEK HUKUM DAN ETIKA PROFESI
Perekam medis mampu melakukan tugas dalam memberikan pelayanan rekam medis dan informasi kesehatan yang bermutu tinggi dengan memperhatikan perundangan dan etika profesi yang berlaku.

MANAJEMEN REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN
Perekam medis mampu mengelola rekam medis dan informasi kesehatan untuk memenuhi kebutuhan pelayanan medis, administrasi dan kebutuhan informasi kesehatan sebagai bahan pengambilan keputusan dibidang kesehatan.

MENJAGA MUTU REKAM MEDIS
Perekam medis mampu mengelola, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menilai mutu rekam medis.

STATISTIK KESEHATAN
Perekam medis mampu menggunakan statistik kesehatan untuk menghasilkan informasi dan perkiraan yang bermutu tinggi sebagai dasar perncanaan dan pengambilan keputusan di bidang pelayanan kesehatan.

MANAJEMEN UNIT KERJA REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN
Perekam medis mampu mengelola sumber daya yang tersedia di unit kerja rekam medis untuk dapat mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang informasi kesehatan.

KEMITRAAN PROFESI
Perekam medis mampu berkolaborasi inter dan intra profesi yang terkait dalam pelayanan kesehatan.

Mata Kuliah Jurusan Rekam Medis antara lain sebagai berikut :
  • Administrasi kesehatan, 
  • Biostatistika, 
  • Bahasa inggris kesehatan, 
  • Basis data, 
  • Biomedik anatomi, 
  • Biomedik fisiologi,
  • Biomedik farmakologi,
  • Biomedik patologi, 
  • Ergonomi, 
  • Evaluasi pelayanan, 
  • Ilmu penyakit dan lab kesehatan, 
  • Metode penelitian, 
  • Pengelolaan sistem rekam medis, 
  • Pengantar manajemen kesehatan,
  • Psikologi sosial, 
  • Praktek kerja lapangan, 
  • Pengantar teknologi informasi, 
  • Pemrograman terstruktur,
  • Sistem informasi manajemen, 
  • Tata arsip dinamis, 
  • Hukum kesehatan, 
  • Quality assurance, 
  • Kapita selekta, 
  • dll
Tempat kerja perekam medis bisa di rumah sakit, puskesmas, klinik, dinas kesehatan dan pelayanan kesehatan lainnya. 

Bagaimana peluang bekerja sebagai perekam medis?
Profesi perekam medis banyak dicari semenjak adanya program Jamkesmas pada tahun 2009. Program Jamkesmas ini untuk pengeklaimannya menggunakan aplikasi INADRG yang selanjutnya berubah menjadi INACBG, yang besaran klaimnya ditentukan dari kode diagnosis dan tindakan dalam pelayanan yang diberikan kepada pasien. Kegiatan pengkodean diagnosis dan tindakan ini sering diistilahkan koding dan pelaksananya disebut koder. Koding ini merupakan salah satu kompetensi rekam medis yang telah disebutkan diatas.

Pada tahun 2014 Jamkesmas berakhir dan diintegrasikan menjadi BPJS Kesehatan dengan programnya yang bernama Jaminan Kesehatan Nasional yang kemudian berubah menjadi Kartu Indonesia Sehat. Klaim pelayanan BPJS Kesehatan ini menggunakan INACBG, sehingga seorang koder klaim sangat dibutuhkan dalam terlaksananya kegiatan klaim pelayanan BPJS Kesehatan ini.



69 komentar

Assalamualaikum, mau tanya gaji lulusan d3 rekam medis itu berapa ya?

Reply

Macem2 tgantung dmn kerjanya.
Klo jd PNS masuk gol IIc gaji 2-4+ jasa/remun tgt jml plyn/pasien.

Klo swasta UMR + jasa/remun tgt jml plyn/pasien. Tgt daerah dan bonafide RSnya.

Reply

saya mau bertanya saya tertarik melanjutkan kuliah d3 jurusan rekam medis tetapi umur saya sekarang 25 tahun tarohlah saya lulus di umur 28tahun apakah dengan umur segitu masih qualified untuk memulai profesi perekam medis? terimakasih

Reply

tmn saya lulus th 2010 umur 32, diterima kerja 2011.
Qualified tergantung yang buka persyaratan kerjanya. bisa dilihat beberapa lowongan seperti di artikel blog ini : http://www.hakayuci.com/search/label/Info%20Kerja

Lihat bagaimana persyaratan umurnya.

Reply

Kalo sekolah sma nya ips bisa ngambil jurusan rekam medis ?

Reply

Bisa, dulu pnah da tmn dr ips. Tp tgntung jg dr inst pnddikannya.

Reply

Apa rmik tidak pakai tinggi badan?

Reply

Kbanyakn ga pake syaray tinggi bdn

Reply

saya lulusan D3 manajemen imformatika ingin melanjutkan ke imformatika rekam medik, kira kira berapa tahun yg saya tempuh utk menyelesaikan kuliah tersebut dengan dan adakah mata kuliah saya yg dulu di manajemen imformatika yg bisa dikonvers, terimakasih

Reply

klo dari MI banyak kliatane dikonversi...

Reply

Saya umur 21 tapi saya sudah berumah tangga sbnernya saya ingin melanjutkan kuliah lagi kira" bisa masuk ga klo kuliah jurusan rekam medis

Reply

bisa. lulus sma kan?

Reply

Kak aku mau ambil jurusan rekam medis buat kuliah, tapi belum tahu mau ke universitas mana. Tlong sarannya

Reply

Klo bs yg negeri. Klo swasta liat akreditasinya.

Reply

kalo d pekalongan adakah universitas yang ada jurusan rekam medisnya???

Reply

Ga ada. Adanya Semarang yg dekat peklngan.

Reply

Apakah D3 rekam medis bisa jadi PNS? Atau harus S1 baru bisa jdi PNS?

Reply

Bisa. Malah kbnykn d3 yg jd pns baru.

Reply

Mau tanya, ini ada teman saya yang pengen kuliah rekam medis, dia umur 22 dan lulusan SMK teknik mesin, apakah bisa? Terimakasih

Reply

Konfirmasi lgsung ke institusi pendidikan aja. Krn prsyaratn sndiri2.

Reply

Mau tanya tentang biaya kuliah di jurusan rekam medis,, total habis berapa ya,, dari semester 1 - selesai...

Reply

tgantung msg2 instusinya. cek aja langsung, pasti nampilin biaya kuiahnya.

Reply

Kalo direkam medis pembelajarannya banyak praktek atau teori??

Reply

Menurut sy imbang, stiap semester ada praktek lapangan di RS / puskesmas

Reply

Temen saya d3 kebidanan ingin melanjutkan kuliah lagi rekam medis apakah bisa ya ?

Reply

Mgkn hrs mulai dr awal. Klo melanjutkan mgkn ga bs.

Sdh d3 kebidanan knp hrs pindah.

Reply

Saya mau bertanya..
1.Kan saya dari jurusan jamu poltekkes kemenkes surakarta kalo semisal mendaftar di rumah sakit milik pemerintah sebagai rekam medis itu bagaimana...?bisa tidak. . ?
2.kalo saya ingin kuliah rekam medis berarti saya mengulang kembali atau tidak. ?

Reply

1. Klo masuk ke formasi rekam media ga bs. Slah satu sarat adlh srt tanda registrasi perekam media yg dperuntukan dr jurusan rekam medis

2. Kmgknan ya ulang dr awal. Pa lg beda instirusi pedidikan.

Reply

Bagaimana cara kita suapaya bisa masuk kulia dengan ambil jurusam rekam medis?

Reply

Tinggal cari info kemana institusi pendidikan yg mau dituju. Dan ikuti ptosedurnya.

Reply

Sya baru dftar d3 rekam medis, tpi sya sedikit ragu apakah stelah lulus nanti bisa cepat mendapatkan pekerjaan atau tidak??

Reply

Mau tanya, apakah jurusan rekam medis itu nantinya hanya ditempatkan dibagian unit pendaftaran di rs / puskesmas saja? Trims

Reply

Tdk hanya dipendaftaran.
Pennyimpanan dan pengolahan rekam medis.
Diunit klaim rs/casemix utk klaim bpjs.

Reply

Semua kembali ke anda sendiri. Buatlah diri anda menjadi kompeten. Trutama saat praktek lapangan bnyakkan lah pengalaman dan tunjukan yg tbaik.

Reply

Kak mana lebih baik peluang kerjanya, rekam medik d3 apa d4?

Reply

mau tanya temen saya ingin kuliah rekam medis tapi umurnya 21 dan dlu dia lulusan smk jurusan perkantoran apakah bisa masuk apa tidak?

Reply

Kuliah rekam medis sambil kerja bisa gk ka? Adakah kelas karyawan? Saya lulusan smk kesehatan dan minat kuliah lagi jurusan rm. Bisagk sambil kerja?

Reply

Bisa smbil kerja. Tp klo bs kerjanya mnyesuaikan dg kuliah agar tak trganggu.

Reply

Biasanya kalau praktek lapangan tmpt nya dr Poltekkes nya apa kita yg nyari kak ? TrimaTerima

Reply

Ka, kalo peluang kerja rekam medis sama perawat banyakan mana ya? Mending lanjutin ke keperawatan apa rekam medis?

Reply

Klo yg praktek lap smstran biasanya ditentuin dr kampus.
Klo tgs akhir prktek milih/cari sendiri

Reply

Peluang kerja Bnyak perawat tp lulusan prwt jg banyak.

Peluang rm ga banyak yp lulusan jg ga bnyak.

Jadi?

Reply

Kak saya mau tanya kalau jurusan rm itu harus pinter operasiin komputer gaoa tidak.?

Reply

kak mau tanya,rekam medis banyak ngitung ga?

Reply

ga banyak, tapi ada hitungan2 untuk statistik

Reply

Kak peluang kerja nya kalo jurusan rekam medis sama terapis wicara besar mana?

Reply

Kak, mana yg lebih bagus ngambil S1 rm atau D3 rm?? Trus PTN yg rm-nya bagus dmna??

Reply

Kak mau tanya, saya daftar di udinus rekam medis kak. Udah A akreditasinya. Tapi saya mulai ragu kak. Skrg bnyk yg bilang klo lulusan cuma d3 itu gadipake lgi di dunia kerja. Minimal s1. Sdgkn yg saya tau rm s1 itu langka. Dan sya mhn minta referensi s1 rm itu swasta dmna ya kak?

Reply

Kak mau sharing aja nih, saya sekarang ambil d4 rm, trs ternyata ada di bawah informatika. Ada kesempatan buat pindah d3 atau ambil doble degree. Menurut kakak yang mana ya yg lebih baik?

Reply

Kak mau tanya, kalo peluang kerja rmik sama bidan banyakan mana ya ?

Reply

Saya mau tanya,kalau d4 rekam medis apakah mendapatkan STR juga?bisa info kak dmn universitas yg sudah ada d4 rm nya.terima kasih

Reply

Mohon maaf tanya kalau lulusan teknik informatika mau melanjutkan rekam medik bagaimana ya caranya? Apakah harus kuliah ulang? Atau ada sekolah profesi utk rekam medis? Karena banyak lowongan rekam medis yg mengharuskan memiliki str. Terima kasih

Reply

Ya hrs da STR stlh lulus utk kerja. D4 dah banyak.

Reply

Banyak bidan lahh

Reply

Klo lowongan kerja banykn d3 klo RM. S1 mmg jarang, biasanya rs besar yg butuh yg dah kompleks unit RM nya.

Reply

SAYA JURUSAN SMK RPL (REKAYASA PERANGKAT LUNAK), TAPI SAYA INGIN MELANJUTKAN KE BEDA JURUSAN YAITU REKAM MEDIS. APAKAH BISA YA ? SAYA DULU PENGALAMAN MAGANG DI RUMAH SAKIT SEMEN GRESIK, ENTRY DATA PASIEN DAN SAYA BANYAK BERKENALAN DENGAN ORANG REKAM MEDIS PAS MAGANG DI RUMAH SAKIT TERSEBUT.. MOHON SOLUSINYA

Reply

Ka, kalo d3 rm sama S1 manajemen informasi kesehatan, itu prospek kerjanya sama gak si? Aku pengen ambil rm tapi mamaku gasetuju kalo d3. Kirakira, peluang kerja lebih bagus d3 rm atay s1 manajemen informasi kesehatan? Makasi kak tolong balas

Reply

Kalo rm itu harus pinter komputer kak?yang dioperasiin apa aja kak?

Reply

kak mau nanya, dalam pembelajaran maupun prakteknya, rumitan keperawatan atau RK ya kak?

Reply

Komputer dasar harus bisa. advance lebih bagus

Reply

Kak mau tanya, kalau buta warna parsial bisa di rekam medis tdk ya? Berpengaruh dengan pekerjaannya nanti gak ya? Terimakasih

Reply

Kak mau nanyak kalok agritas kampus nya c bisa jadi pns gak kak

Reply

kak mau tanya, kuliah di daerah malang (negeri) yang ada jurusan rekam medis dimana?

Reply

Poltekkes Kemenkes Malang

Reply

Akreditasi C tergantung nanti ketentuan syarat masuk PNS nya spt apa.

Reply

contoh tugas akhir d3/d4 rekam medis kyk gimana ka? ada peminatannya kah?

Reply

Posting Komentar

Jika ingin memberikan pertanyaan ataupun berdiskusi, mohon agar melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci