Diagnosa atau Diagnosis


Dalam membuat artikel di situs ini kadang menggunakan istilah diagnosa dan kadang menggunakan istilah diagnosis. Penasaran dengan istilah diagnosa atau diagnosis ini membuat saya ingin mencari artinya, mana istilah yang benar dan bagaimana kedua istilah tersebut terbentuk. Sehingga istilah yang digunakan menjadi baku dan konsisten menggunakan salah satu dari istilah tersebut.

Diagnosis menurut wiktionary dan kbbi.web.id adalah  penentuan jenis penyakit dengan  cara  meneliti ( memeriksa ) gejala-gejalanya.

Diagnosa
Diagnosa berasal dari bahasa Belanda diagnose. Akhiran -se dalam bahasa Belanda dilafalkan -sa di Indonesia.

Diagnosis 
Sejak KBBI III (Kamus Besar Bahasa Indonesia III tahun 2005) kata ini ditulis dan dilafalkan dengan akhiran -sis, mengikuti ejaan bahasa Inggris menjadi diagnosis.

Bahasa Indonesia banyak menyerap bahasa Belanda pada awalnya. Namun hal ini berubah setelah bangsa kita bebas dari penjajahan Belanda. Semakin banyak orang Indonesia yang lebih paham bahasa Inggris daripada bahasa Belanda maka kata yang dulu diserap dari bahasa Belanda banyak yang berubah ejaannya menyesuaikan dengan serapan bahasa Inggris.

Bangsa kita mungkin masih terpengaruh oleh ejaan lama bahasa Belanda sehingga kedua istilah tersebut masih sering digunakan.

Setelah mengetahui mengenai kedua istilah tersebut berdasarkan alasan yang telah dipaparkan diatas, maka kedepannya artikel yang dibuat akan menggunakan istilah diagnosis. Semoga dengan penjelasan ini kita mengetahui mengenai kedua istilah tersebut.

Semoga bermangfangat.

Posting Komentar

Pertanyaan atau berdiskusi, silahkan melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci