Kekhususan Kaidah Koding Kode ICD E10-E14 Diabetes Mellitus


Kode ICD (International Classification of Disease) diagnosis diabetes mellitus E10-E14 termasuk dalam kategori kekhususan bab dalam ICD. Dalam koding ICD diabetes mellitus sebagai kondisi utama, pemilihan subkategori (digit ke 4 kode ICD) dari daftar yang berlaku pada kategori ini harus didasarkan pada kondisi utama sebagaimana yang dicatat oleh dokter. Penggunaan subkategori 7 harus digunakan sebagai kode kondisi utama hanya ketika beberapa komplikasi diabetes mellitus dicatat sebagai kondisi utama tanpa preferensi untuk setiap komplikasi. Setiap komplikasi individu yang tercatat dapat ditambahkan sebagai kode tambahan opsional.

Sekilas Informasi Medis Tentang Diabetes Mellitus

Diabetes adalah penyakit di mana kadar  glukosa darah atau gula darah terlalu tinggi. Glukosa berasal dari makanan yang kita makan. Insulin adalah hormon yang membantu glukosa masuk ke sel-sel untuk memberi kita energi. Jenis diabetes ada 2 :
  • Diabetes tipe 1, tubuh tidak membuat insulin. 
  • Diabetes tipe 2, jenis yang lebih umum, tubuh tidak membuat atau menggunakan insulin dengan baik. 
Tanpa cukup insulin, glukosa akan tetap dalam darah dari waktu ke waktu. Jika memiliki terlalu banyak glukosa dalam darah maka akan dapat menyebabkan masalah serius. Masalah ini seperti misalnya dapat merusak mata, ginjal, dan saraf. Diabetes juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Mengendalikan berat badan dan mengatur pola makan dapat membantu mengontrol diabetes.

Contoh Koding ICD Diabetes Mellitus

Contoh pada example 12 manual ICD :
Kondisi utama : Renal failure disebabkan oleh diabetic glomerulonephrosis
Kode ICD : E14.2† and N08.3* ( unspecified diabetes mellitus  with  renal  complications).

Contoh pada example 13 manual ICD :
Kondisi utama : Diabetes  insulin dependent dengan 3 komplikasi penyakit, misal nephropathy, gangrene dan katarak ( insulin dependent diabetic with nephropathy, gangrene and cataracts)
Kondisi lain : tidak ada.
Kode ICD :
E10.7 ( insulin dependent diabetes mellitus with multiple complications ).
Dapat ditambahkan sebagai kode tambahan opsional untuk mengidentifikasi komplikasi individu :
E10.2† dan N08.3* ( Insulin dependent diabetes with nephropathy ),
E10.5 ( Insulin dependent diabetes with peripheral circulatory complications ),
E10.3† dan H28.0* ( Insulin dependent diabetes with cataract ).

Jika komplikasi lebih dari satu, maka pilih kode utama diabetes mellitus dengan multiple komplikasi dan dapat ditambahkan kode dari detail komplikasinya yaitu diabetes dengan nephropathy, diabetes dengan gangrene dan diabetes dengan katarak.

Ketentuan tersebut berdasarkan ICD-10 Second Edition, pada bagian tentang rules and guidelines for mortality and morbidity coding.

Semoga bermangfangat.


Posting Komentar

Jika ingin memberikan pertanyaan ataupun berdiskusi, mohon agar melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci