Pengertian Istilah Kehamilan dan Persalinan Dalam ICD 10


Dalam melakukan koding diagnosa kehamilan atau persalinan kita sering menemui istilah pregnancy, labor, delivery dan puerpural dan istilah persalinan lainnya. Bagaimana pengertian masing-masing istilah kehamilan dan persalinan dalam ICD (International classification of Disease), berikut penjelasannya.

Antepartum
Periode antepartum (dari bahasa Latin ante "sebelum" dan parere "melahirkan") secara harfiah sama dengan prenatal (dari bahasa Latin pra "sebelum" dan nasci "dilahirkan"). Antepartum biasanya mengacu pada periode kehamilan antara 24 -26 minggu usia kehamilan sampai kelahiran.

Pregnancy
Pregnancy diartikan sebagai kehamilan yang juga dikenal sebagai graviditas, adalah waktu selama satu atau keturunan lebih berkembang dalam seorang wanita. Biasanya berlangsung sekitar 40 minggu (10 bulan lunar) dari periode menstruasi terakhir dan berakhir saat melahirkan.

Prenatal Antenatal
Prenatal antenatal adalah masa perkembangan janin, proses di mana embrio manusia atau janin selama kehamilan, dari pembuahan sampai kelahiran.

Preterm
Preterm adalah kelahiran prematur, kelahiran bayi kurang dari 37 minggu usia kehamilan.

Postterm
Postterm atau postmaturity adalah kondisi bayi yang belum lahir setelah 42 minggu kehamilan.

Childbirth Labour Delivery Partus
Childbirth atau melahirkan, juga dikenal sebagai labour, delivery, birth, partus, atau parturition, adalah puncak dari masa kehamilan dengan dikeluarkannya satu atau lebih bayi yang lahir dari rahim wanita.

Spontaneus labour adalah labor that begins and progresses without pharmacological, mechanical, or operative intervention (Proses labour yang dimulai dan berlangsung tanpa intervensi farmakologis, mekanik, atau operasi). 

Labour adalah the process during which the uterus contracts, and the cervix opens to allow the passage of a baby into the vagina (Proses di mana kontrak rahim, dan leher rahim terbuka untuk memungkinkan lewatnya bayi ke dalam vagina). 

Sumber : http://medical-dictionary.thefreedictionary.com

Puerpural Postpartum Postnatal
Puerpural adalah sebuah periode postpartum atau postnatal, periode yang dimulai segera setelah kelahiran bayi sampai selama sekitar enam minggu setelah melahirkan. Sering digunakan istilah masa nifas.

Perinatal
Periode perinatal (dari bahasa Yunani peri, "tentang, sekitar" dan bahasa Latin nasci "dilahirkan") diartikan sebagai waktu sekitar kelahiran. Di negara-negara maju dan di fasilitas di mana perawatan ahli neonatal tersedia, periode ini dianggap dari umur kehamilan 22 minggu (154 hari, saat berat lahir biasanya 500 gram) sampai 7 hari setelah lahir. Dalam ICD 10 (International Classfication of Disease) ada bab khusus yang berkaitan dengan kondisi tertentu yang berasal pada periode perinatal.

Fetus
Fetus atau Janin adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada masa prenatal antara masa embrio sampai dengan kelahiran.

Newborn Neonatal Neonatus
Newborn Neonatal adalah masa bayi baru lahir yang hanya beberapa jam, hari, atau sampai berusia beberapa minggu. Dalam konteks medis, bayi yang baru lahir atau neonatus (dari bahasa Latin, yang artinya bayi baru lahir) mengacu pada bayi dalam usia 28 hari pertama setelah lahir. Janin merupakan istilah yang digunakan sebelum lahir.

Infant
Infant (dari kata Latin infans , yang berarti tidak dapat berbicara) adalah bayi yang berumur 1 bulan sampai 12 bulan. Namun, definisi dapat bervariasi untuk setiap negara yang kadang sampai umur 2 tahun.

Sekian. Kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermangfangat.



Posting Komentar

Jika ingin memberikan pertanyaan ataupun berdiskusi, mohon agar melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci