Memperbaiki Database MySQL INACBG Corrupt Melalui PHPMyAdmin

Permasalahan database corrupt secara singkat telah saya sampaikan dalam artikel macam-macam error aplikasi INACBG, namun pada kesempatan kali ini akan saya jabarkan lebih terinci mengenai memperbaiki database INACBG yang corrupt.   

Database corrupt terjadi biasanya dikarenakan virus atau listrik mati yang biasanya ditandai kode diagnosis yang diinputkan kosong, nama pasien tidak bisa terpanggil dan lain-lain. Untuk mengatasinya bisa dengan restore database ataupun repair database. Kerugian jika restore database adalah data yang sudah kita entrikan menjadi hilang setelah kita restore-kan backup data yang terakhir. Kita harus menginput ulang data yang diinputkan setelah backup terakhir. 

Solusi yang lebih agar tidak melakukan entri ulang yaitu dengan repair database.  Cara yang saya pilih yaitu dengan menggunakan fasilitas repair langsung dari PhpMyadmin MySQL. PhpMyAdmin MySQL sudah terinstall bersamaan saat install aplikasi INACBG. Phpmyadmin ini merupakan satu kesatuan paket dalam aplikasi XAMPP yang digunakan sebagai lokal server aplikasi INACBG. Untuk menggunakan tools ini kita harus memahami dulu aplikasi PhpMyAdmin

PhpMyAdmin adalah perangkat lunak gratis yang ditulis dalam PHP, dimaksudkan untuk menangani administrasi MySQL melalui Web. PhpMyAdmin mendukung berbagai operasi pada MySQL, MariaDB dan Gerimis. Operasi mengelola database, tabel, kolom, hubungan, indeks, pengguna, perizinan, dll dapat dilakukan melalui user interface yang memiliki kemampuan untuk langsung mengeksekusi pernyataan SQL.

Langkap memperbaiki database yang corrupt melalui PHPMyadmin adalah sebagai berikut :
  1. Buka dan login ke PHPMyAdmin http://localhost/phpmyadmin. atau menyesuaikan alamat PHPMyadmin Anda
  2. Pilih database, klik di daftar database sebelah kiri.
  3. Buka Tab Structure dari database yang anda pilih.

  4. Pilih centang tabel mana yang akan direpair.


  5. Pilih pilhan Repair table dan langsung akan jalan proses repairnya.


  6. Jika sukses akan muncul pesan Your SQL query has been executed successfully
     
Langkah-langkah tersebut diatas dapat dilakukan jika bisa login masuk ke aplikasi PHPMyAdmin. Untuk masuk login ke PHPMyadmin ada triknya tersendiri.

Sekian. Semoga Bermangfangat...
 

4 komentar

USER DAN PASSWORD NYA APA BOSS?
ATAU TRIKNYA GIMANA?

Reply

user pasword yg tahu pihak NCC. triknya ganti sementara database user mysql dengan yang default bawaan mysql. kalau anda tahu phpmyadmin its easy...

Reply

Gak bisa dibuka phpmyadmin nya om.. error

Reply

pake database mysql default

Reply

Posting Komentar

Jika ingin memberikan pertanyaan ataupun berdiskusi, mohon agar melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci