Koding ICD pasien SC dengan penyulit dan anemia

Pembahasan mengenai :

  • Kode ICD pasien SC dengan penyulit dan anemia
  • Kode ICD pasien melahirkan dengan penyulit

Penanya 
Misalkan pasien melahirkan dengan SC (Sectio caesarean) indikasinya posisi bayi sungsang.kode ICDnya diagnosa utama O82.1, diagnosa sekunder O64.9, Prosedur SC 74.4. Tarif INACBG untuk rumah sakit tipe D Rp. 3.656.485 dengan deskripsi PROSEDUR OPERASI PEMBEDAHAN CAESAR RINGAN.

Setelah ada Permenkes nomor 27 tahun 2014, Verifikator BPJS menyuruh ganti kode sesuai ketentuan yang ada di permenkes tersebut yaitu menjadi diagnosa utama O64.9, diagnosa sekunder O82.1, dan kode prosedur SC 74.4. Deskripsinya menjadi PROSEDUR PERSALINAN V-*-G-I-N-A-L DENGAN PROSEDUR SELAIN STERILISASI &/ DILATASI & KURET RINGAN dengan tarif INACBG Rp 1.415.129. Rumah sakit keberatan karena hal tersebut, tetapi BPJSnya bilang silahkan komplainnya ke NCC (National Casemix Center) atau KEMENKES. Bagaiman menyikapi hal ini. Per bulan Agustus 2014, setahu saya juknis untuk pengkodingan sebelumnya O82 menjadi diagnsa utama dan penyulitnya diagnosa sekunder. Kecuali jika melahirkan pervaginam maka penyulitnya menjadi diagnosa utama. Apakah benar, apa mungkin saya yang keliru?.


Saya juga mengalami hal seperti itu. Coba kode O64.9 diganti sama O32.1, jadi deskripsinya pasti sesuai dengan SCnya

CPD bukannya O33.0 ya ?

Kalau kode ICD anemia pada pasien melahirkan berapa ya?. O99.0 saja atau ditambah kode D64.9?


Jawaban 
Jadi kacau kodingnya, karena penggunaan kode O30 - O40 untuk penyulit sebelum proses persalinan terjadi. Jika penyulit terjadi saat partus berlangsung kodenya mestinya antara O60 - O75. Jika komplikasi terjadi saat dalam proses persalinan maka kode ICDnya O64. Itu menjadi justifikasi SC emergency. Sedangkan O33 untuk kondisi sebelum partus dan menjadi justifikasi untuk SC yang elektif. Untuk lebih mantab buka WHO ICD Training Online, bab yang terkait.
 
Itu yang kemarin dibahas, kaidah koding kalau komplikasi saat persalinan kode ICDnya O60 - O75. Sedangkan kode ICD O30 - O48 untuk maternal care sebelum ada tanda-tanda persalinan. Tapi memang ternyata logic dari sistem INA CBG-nya aneh, kalau dientri kode yang sesuai malah deskripsinya jadi tidak sesuai.

Maka asumsi INACBG itu mengakomodasi hanya prosedur SC yang elektif. Dimana kode O30 - O48 memang bisa menjadi justifikasi atau indikasi prosedur SC yang elektif. Sedangkan O60 - O75 umumnya merupakan kondisi yang menyebabkan perlunya prosedur SC yang emergency. Demikian analisis saya. Entah benar atau tidak yang lebih tahu adalah Tim INACBG.
 
Memang betul bahwa sesungguhnya kode ICD O99.0 itu sudah mencakup kode D nya juga. Jadi untuk kaidah koding diagnosa primer cukup kode O99.0 saja. Kode D tersebut ditambahkan untuk merinci supaya lebih spesifik. Karena O99.0 memasukkan banyak kategori di dalamnya.

Masalahnya, apakah besaran klaim untuk kode O99.0 saja sudah bisa meng-cover pathway untuk beberapa kategori yang ada di dalamnya?. Jika ternyata untuk tiap-tiap kategori dalam O99.0 mempunyai pathway dan besaran biaya yang berbeda, maka kode rincian tersebut mestinya diperlukan untuk menetapkan klaim sesuai pathway dari kategori yang dimaksud.


Kode ICD :
O82.9 = Single delivery by caesarean section.
O64.9 = Obstructed labor due to malposition and malpresentation.
O99.0 = Anemia complicating pregnancy, childbirth and the puerperium. 

Update terbaru dispute klaim BPJS Kesehatan tentang koding Anemia dalam kehamilan O99.0. Kode O99.0 disertai kode anemia D64.9 atau kode anemia lainnya.

Sumber : Grup SIRS, Case-Mix dan INA-CBG's.
F.A.Q khusus Koding
Semua pembahasan koding ICD 10 dan ICD 9 CM

Catatan : 
Diedit dengan penyempurnaan bahasa,
Rangkuman ini hanya untuk mempermudah referensi koding diagnosa.

Mohon koreksi jika ada kesalahan atau ada hal yang kurang berkenan.
Semoga bermangfangat


4 komentar

kalo saya memberi kode penyakit anemia pada kasus kehamilan, yang saya tuliskan pertama adalah O99.0 kemudian dirinci lagi dengan kondisi anemianya,, sebagai contoh kalo anemia perdarahan ya saya tambahkan dengan kode D62
karena kalo dilihat di ICD nanti pada kode O99.- itu ada catatan di bawahnya yang berbunyi "Use additional code, if desired, to identify specific condition". oleh karena itu menurut saya kode D nya tetap dimasukan

Reply

kalo misal kasusnya pada persalinan o34.2 (utama), O99.0 (tambahan), o82.0 (tambahan). apa masih perlu untuk menambahkan kode "D" menurt ICD volume 2 dan PMK 27?

Reply

klo menurut icd di keterangan O99 "Use additional code, if desired, to identify specific condition"

Mgkn krn kode D pengaruh ke klaim jd perdebatan dimasukkan atau ga ya..

Reply

Posting Komentar

Pertanyaan atau berdiskusi, silahkan melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci