Cek Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Secara Online dan SMS

Kadang kita lupa apakah sudah membayar iuran BPJS Kesehatan atau belum. Sebagai peserta BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) terutama peserta mandiri (bayar sendiri), tentunya kita harus membayar iuran BPJS setiap bulannya. Agar saat kita memanfaatkan pelayanan kesehatan emnggunakan BPJS Kesehatan tidak terkendala dikarenakan telat membayar iuran. JIka telat embayar iuran maka akan dikenai dendan, dan juga saat memanfaatkan pelayanan di rumah sakit tidak dapat dicetakkan SEP (surat eligibilitas peserta), tentunya akan menggangu pelayanan yang diberikan.

Ada baiknya kita dapat mengetahui cara untuk mengecek pembayaran iuran BPJS kesehatan. Salah satu cara diantaranya adalah mengecek secara online diweb yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan. Berikut ini langkahnya :
  1. Akses alamat situs di http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/23/Check-Pembayaran-Iuran
  2. Silahkan isi data :
    • Nomor Kartu BPJS (13 Digit), 
    • Tanggal Lahir ( format : Hari/Bulan/Tahun)
    • Angka Validasi Form 
  3. Kemudian klik tombol Cek.
  4. Selanjutnya akan muncul informasi peserta BPJS Kesehatan dan kelebihan saldo (jika ada) serta rincian / detail iuran BPJS Kesehatan yang sudah dibayarkan.
Cek Iuran BPJS Kesehatan

Selain secara online, pembayaran iuran dapat juga dicek melalui sms. Caranya dengan melalui pengiriman pesan dengan format :

         TAGIHAN<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN
         Contoh : TAGIHAN 0001260979200
         Kirim ke : 087775500400

Anda akan mendapatkan balasan berisi informasi ppembayaran iuran BPJS Kesehatan.

Sekian mengenai Cek Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan Secara Online dan SMS. Semoga Bermangfangat.



1 komentar:

Terima kasih atas infonya ya, saya baru tau ternyata cek status bayar bpjs bisa dilakukan secara online, dan ternyata setelah saya coba bisa juga untuk cek status aktif tidaknya kepesertaan, selama ini saya biasanya cek pake sms gateway atau bpjs kesehatan mobile, jadinya saya tertarik juga menulis artikel yang sama di blog saya, thanks ya.

Reply

Posting Komentar

Pertanyaan atau berdiskusi, silahkan melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci