Koding ICD Pasien Bayi Patent Ductus Arteriosus (PDA)

Koding ICD Pasien Bayi Patent Ductus Atriosus (PDA).

Berikut ini pembahasan kode ICD Pasien Bayi Patent Ductus Arteriosus (PDA) :

Penanya
Mohon masukannya pada pasien bayi baru lahir dengan diagnosa Patent Ductus Arteriosus (PDA) kode apa yang sesuai, Q25.0 (Patent Ductus Atriosus) atau P29.3 (Persistent fetal circulation). Terima Kasih.

Jawaban
Kalau dilihat di kelompok P29 terdapat exclusion jika kelainannya congenital. Dan memang menurut saya Patent Ductus Arteriosus (PDA) itu kelainan congenital (yang disebabkan gangguan pada pembentukan organ saat dalam kandungan). Lebih sesuai dengan kode Q. Kalau kode P untuk kelainan yang berawal pada perinatal. Walaupun perinatal juga mulai 22 minggu dalam masa kehamilan sampai dengan 7 hari postpartum.

Referensi Teori
Patent Ductus Arteriosus (PDA)  adalah gangguan bawaan di jantung dimana ductus arteriosus neonatus gagal menutup setelah lahir (a congenital disorder in the heart wherein a neonate's ductus arteriosus fails to close after birth.). (Wikipedia)
Persistent Fetal Circulation adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kegagalan dalam sirkulasi sistemik dan sirkulasi paru untuk mengkonversi dari pola sirkulasi antenatal dengan pola normal. (a condition caused by a failure in the systemic circulation and pulmonary circulation to convert from the antenatal circulation pattern to the "normal" pattern). (Wikipedia)

Kode ICD 
Q25.0 : Patent Ductus Arteriosus ;
P29.3 : Persistent Fetal Circulation.


Sumber : Grup SIRS, Case-Mix dan INA-CBG's.
F.A.Q khusus Koding
Semua pembahasan koding ICD 10 dan ICD 9 CM

Catatan : 
Diedit dengan penyempurnaan bahasa,
Rangkuman ini hanya untuk mempermudah referensi koding diagnosa.

Mohon koreksi jika ada kesalahan atau ada hal yang kurang berkenan.
Semoga bermangfangat


Posting Komentar

Pertanyaan atau berdiskusi, silahkan melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci