Koding ICD Leukopenia Pasien Post Kemoterapi

Koding lCD Leukopenia Pasien Post Kemoterapi. Kode diagnosa ICD 10.


Berikut ini pembahasan kode ICD Leukopenia Pasien Post Kemoterapi :

Penanya 
Mohon masukkannya klo untuk koding leukopenia pada pasien post kemoterapi betulkah kodenya D70? atau ada kode lainnya? trimss

Mau minta masukan barangkali ada yang yang sama kejadiannya. Untuk kasus-kasus onkologi yang menjalani kemoterapi. Untuk penanganan post kemoterapinya kan ada fase leukopenianya yang harus di treatment. Sedangkan obat leukopenianya sudah termasuh paket inacbgs. Sedangkan rumah sakit kami masih tipe D dimana kasus ranap leukopenia hanya dibayar 1,3 jt, sedangkan biaya real rumah sakit lebih dari 3jt. Untuk 1 orang pasien post kemoterapi rumah sakit harus mengbackup minimal 2jt untuk kekurangannya. Sedangkan jika minta iur bayar ke pasien rumah sakit akan diberi sanksi. Barangkali ada solusi dari rumah sakit lain untuk masalah kami ini. Terima kasih. 


Jawaban  
Kalau pasien datang untuk kemoterapi, lalu terjadi efek samping dan ikut dikelola dalam episode yang sama maka kode diagnosa utama tetap kemoterapi nya. Jika datang pada episode yang berbeda dengan kemoterapi, yaa diagnosa utamanya lekopenia nya D70.

Referensi Teori
Kemoterapi (chemotherapy) adalah penggunaan zat kimia untuk perawatan penyakit. Dalam penggunaan modernnya, istilah ini hampir merujuk secara eksklusif kepada obat sitostatik yang digunakan untuk merawat kanker. (Wikipedia)
Leukopenia (also known as leukocytopenia or leucopenia, from Greek λευκός "white" and πενία "deficiency") is a decrease in the number of white blood cells (leukocytes) found in the blood, which places individuals at increased risk of infection. (Wikipedia)

Kode ICD 
D70 : Agranulocytosis



Sumber : Grup SIRS, Case-Mix dan INA-CBG's.
F.A.Q khusus Koding
Semua pembahasan koding ICD 10 dan ICD 9 CM

Catatan : 
Diedit dengan penyempurnaan bahasa,
Rangkuman ini hanya untuk mempermudah referensi koding diagnosa.

Mohon koreksi jika ada kesalahan atau ada hal yang kurang berkenan.
Semoga bermangfangat

Posting Komentar

Pertanyaan atau berdiskusi, silahkan melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci