Koding ICD Pasien Kebidanan dengan Kasus Gastritis Pasca Laparatomy

Koding ICD Pasien Kebidanan dengan Kasus Gastritis Pasca Laparatomy.
Berikut ini pembahasan kode ICD Pasien Kebidanan dengan Kasus Gastritis Pasca atau Post Laparatomy  :

Penanya
Para master, aku mau tanya. Ada pasien masuk di kebidanan dengan kasus gastritis pasca laparatomy (kista ovarium). Apakah kode diagnosa gastritis yang dipakai adalah kode K29.7 sama dengan kasus interna. Karena pihak BPJS bilang setelah diverifikasi mereka maunya kasusnya harus pakai kode obsgyn (O). Jadi gimana, mohon bantuannya.

Pasien di operasi kista di rumah sakit lain, terus setelah pasca laparatomy pasien tersebut masuk ke rumah sakit kami karena dokter yang melakukan operasi pasien tersebut ada di rumah sakit kami. Setelah dirawat dan diijinkan pulang pasien tersebut di diagnosa oleh dokter gastritis. Terus pengcoder kami menulis kode diagnosa utama K29.7. Terus BPJS memverif, apakah kode gastritis untuk obgyn tidak ada?. Jadi bingung?. Maunya petugas BPJSnya kode harusnya postprocedural complication. Tapi coder rumah sakit tempatku tidak tahu mau pilih kode apa?

Jawaban
Kalau kaidah koding sebetulnya tidak membedakan dokter atau spesialisasi yang merawat. Kode O digunakan pada ibu yang hamil, dalam proses persalinan dan postpartum atau nifas. Diluar itu tidak pake kode O.

Lalu, betul itu pertanyaannya?. Apakah gastritis ini merupakan komplikasi atau efek samping yang ditimbulkan oleh karena operasinya?. Sehingga kode ICDnya menjadi postprocedural complication. Ataukah memang kasus gastritis biasa yang tidak terkait karena operasinya?. Kalau memang bukan akibat operasinya, diagnosanya bukan postprocedural complication. Coba konfirmasi ke dokternya dulu mengenai  hal itu.

Referensi Teori
Gastritis adalah peradangan pada lapisan lambung dan memiliki banyak kemungkinan penyebab. ( inflammation of the lining of the stomach and has many possible causes ). (Wikipedia)

Kode ICD :
K29.7 : Gastritis.
T81: Complications of procedures (Postprocedural complication).

Sumber : Grup SIRS, Case-Mix dan INA-CBG's.
F.A.Q khusus Koding
Semua pembahasan koding ICD 10 dan ICD 9 CM

Catatan : 
Diedit dengan penyempurnaan bahasa,
Rangkuman ini hanya untuk mempermudah referensi koding diagnosa.

Mohon koreksi jika ada kesalahan atau ada hal yang kurang berkenan.
Semoga bermangfangat


Posting Komentar

Pertanyaan atau berdiskusi, silahkan melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci