Kode ICD Kasus Pasien Carcinoma (CA) perbaikan keadaan umum (KU)

Kode ICD Kasus Pasien Carcinoma (CA) perbaikan keadaan umum (KU).

Penanya :
Kasus pasien Carcinoma (CA) yang dirawat untuk perbaikan keadaan umum (KU), yang mana jadi diagnosa utamanya?.
Kalau tidak salah apakah kode perbaikan KU pasien tambah darah karena CA itu Z51.3?.

Biasanya pasien masuk untuk transfusi dan perbaikan KU dokter menulisnya anemia pada CA.
Bukankah kodenya jd D63.0 harusnya?.

Saya mau konsul. kebetulan rumah sakit kami punya onkolog dan mengelola kasus CA. untuk perbaikan KU seperti leukopenia pada pasien post kemoterapi. Apakah boleh memasukan kode CA sebagai diagnosa utama dan leukopenianya sebagai diagnosa sekunder? atau apakah harus selalu leukopenianya yg dijadikan diagnosa utama?. Mohon pencerahannya.

Jawaban :
Kode Z untuk limited care, semacam one day care atau one night care. Jadi tidak sesuai jika dirawat lama pake kode Z. Kalau pasien CA datang hanya untuk kemoterapi, di kode Z51 saja dan CA hanya dikode sekunder pada kunjungan pertama. Sedang untuk kunjungan ulang hanya kode Z saja.

Jika terkait case-mix, kode diagnosa harus sesuai dengan manajemen/pengelolaan penyakit. Karena manajemen pasien hanya perbaikan KU, bisa saja dikode Z.

Kasus CA dikode sebagai diagnosa utama jika pengelolaan ditujukan pada CA-nya. Jika masuk hanya untuk kemoterapi maka kemoterapi sebagai diagnosa utama, walaupun efek samping juga dikelola saat itu. Jika datang untuk pengelolaan efek samping saja, maka efek samping itu sebagai diagnosa utama. Jadi CA tidak harus dituliskan dalam diagnosa. Kecuali memang mendapat pengelolaan terhadap CA-nya. Bisa dibaca di buku understanding medical coding atau guidelines coding ICD 9 CM by WHO.

Kalau Carcinomanya tidak dikelola maka tidak bisa jadi diagnosa primer. Jadi pada kasus tersebut biasanya untuk keperluan reimbursement kode diagnosa utamanya adalah anemianya D64, yang bukan kode asterisk.

Memang jika digunakan anemia in neoplastik disease maka pathway-nya harus khusus anemia pada CA yang juga ikut mengelola CA-nya. Jika tidak, ya tidak memakai D63.0. Jika anemianya saja yang dikelola bisa gunakan kode lain yang sesuai. Lalu kode CA tidak perlu dimasukkan jika tidak dikelola CA-nya. Kalau kode asterik yang dipakai sebagai diagnosa utama memang tidak bisa digrouper.

Kode Z memang boleh digunakan untuk kasus rawat inap terbatas (limited care) misalnya kemoterapi, hemodialysis, convalescence dan juga angkat pen (pada kasus patah tulang).

Dan sepemahaman saya Z47.0 tidak perlu diikuti kode frakturnya. Karena sebenarnya pasien sudah tidak fraktur lagi.

Sumber : Grup SIRS, Case-Mix dan INA-CBG's.

F.A.Q khusus Koding
Semua pembahasan koding ICD 10 dan ICD 9 CM

Catatan : 
Diedit dengan penyempurnaan bahasa,
Rangkuman ini hanya untuk mempermudah referensi koding diagnosa.

Mohon koreksi jika ada kesalahan atau ada hal yang kurang berkenan.
Semoga bermangfangat


Posting Komentar

Pertanyaan atau berdiskusi, silahkan melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci