Macam Jenis Asuransi


Asuransi adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada sistem bisnis perlindungan finansial (atau ganti rugi secara finansial) untuk jiwa, properti, kesehatan dan lain sebagainya dengan mendapatkan penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak dapat diduga yang dapat terjadi seperti kematian, kehilangan, kerusakan atau sakit, di mana anggotanya harus melakukan pembayaran premi secara teratur dalam jangka waktu tertentu sebagai ganti polis yang menjamin perlindungan tersebut. (Wikipedia)

Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayar setiap bulan sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya dalam sebuah asuransi. 

Polis asuransi  adalah suatu perjanjian asuransi (kesepakatan) yang harus dibuat secara tertulis antara pihak yang mengadakan perjanjian dalam sebuah akta. Polis merupakan tanda bukti (bukti tertulis) perjanjian pertanggungan. 

Macam Jenis Asuransi

Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang menangani masalah kesehatan dan menanggung biaya perawatan anggota asuransinya. Pada umumnya melindungi dan menanggung perawatan kesehatan anggotanya meliputi cedera, cacat, dan sakit.

Asuransi Jiwa
Asuransi jiwa akan memberikan dana kepada orang yang ditunjuk atas kematian tertanggung (anggota asuransinya). Asuransi jiwa ini salah satu bentuknya adalah menyediakan pembayaran hanya setelah kematian tertanggung, namun sebagian asuransi yang lain ada yang memungkinkan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematiannya. Asuransi jiwa ini menawarkan keuntungan finansial yang diberikan kepada ahli waris peserta asuransi.

Asuransi Kendaraan
Asuransi kendaraan yang paling populer adalah asuransi mobil. yaitu asuransi yang menanggung cedera orang lain atau kerusakan kendaraan orang lain yang disebabkan oleh kendaraan tertanggung. Asuransi kendaraan juga dapat membayar untuk kerusakan atau kehilangan kendaraan bermotor tertanggung. Banyak negara yang mengharuskan semua pemilik kendaraan memiliki asuransi kendaraan ini. Semua kerugian dan kerusakan akibat kecelakaan dibayar oleh asuransi sesuai pada kebijakan perusahaan asuransi tersebut.

Asuransi Pendidikan
Asuransi pendidikan merupakan asuransi untuk menjamin biaya pendidikan, kebanyakan orang tua yang mengasuransikan pendidikan anaknya dengan harapan mendapatkan kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Asuransi Properti Rumah
Asuransi pemilik rumah merupakan asuransi yang melindungi pemilik rumah dari kerugian yang berkaitan dengan tempat tinggal. Asuransi properti pribadi ini melindungi terhadap kehilangan, atau kerusakan barang-barang tertentu milik pribadi apabila terjadi kecelakaan pada properi pribadiseperti kebakaran dan lain sebagainya.

Sekian, semoga bermangfangat.


Posting Komentar

Jika ingin memberikan pertanyaan ataupun berdiskusi, mohon agar melalui kolom komentar pada artikel yang terkait dengan topik permasalahan.

ERROR - HALAMAN TIDAK TERSEDIA

Copyright © Hakayuci